Perbandingan Modem GSM dan Modem CDMA

Posted: Oktober 12, 2010 in Uncategorized

 

 

 

Dunia teknologi sekarang semakin berkembang. Dahulu orang hanya bisa bermimpi untuk dapat mengobrol jarak jauh antar negara, antar pulau dan antar benua. Dan sekarang mimpi itu jadi kenyataan! Terciptalah telepon, handphone dan juga lewat chatting dengan koneksi internet.

Koneksi internetpun sekarang menjadi lebih gampang dengan adanya modem USB yang berukuran kurang lebih seperti korek api gas. Modem USB juga ada bermacam-macam. Ada yang melalui sinyal GSM, ada juga yang melalui sinyal CDMA. Jaman sekarang para provider GSM dan CDMA pun berlomba-lomba memasang tarif paket internet untuk menarik pelanggan. Dari segi bentuk sebenarnya tidak ada bedanya antara modem GSM dengan modem CDMA. Tetapi dari segi ekonomi, seperti harga jual di pasaran, modem GSM terbilang murah. Rata-rata toko yang menjual modem GSM mematok harga 300-500ribu tanpa kartu provider GSM. Jika ditambah dengan kartu, harganya mencapai kisaran ±600-700ribu. Untuk modem CDMA harga yang mereka tawarkan mencapai kisaran 800-900ribu dan biasanya modem CDMA menggunakan kartu provider permanen dan tidak bisa diganti dengan kartu provider lain.

Dari segi jaringan modem GSM di daerah jabodetabek, sudah bisa mendapatkan jaringan 3G, HSDPA dan HSUPA dan jangkauannya luas. Tetapi karena jalur akses data dan cellular tidak terpisah maka konektivitas yang didapatkanpun kurang stabil. Itu semua berbanding terbalik dengan modem CDMA. Dengan jalur akses data dan cellular terpisah, konektivitas yang didapatkannya pun stabil. Jaringan yang luas memudahkan modem GSM untuk melakukan konektivitas. Sedangkan modem CDMA yang sampai saat ini masih mencoba memperluas jaringannya, untuk di daerah-daerah masih belum maksimal konektivitasnya. Dan untuk masing-masing modem baik GSM maupun CDMA semua kembali kepada provider penyedia layanan internet masing-masing. Terkadang ada juga konektivitasnya tidak stabil walau di kota besar seperti Jakarta sekalipun.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s