hubungan manusia dengan cinta

Posted: Oktober 31, 2010 in Uncategorized

Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna apabila di bandingkan dengan ciptaan Tuhan yang lainnya. Tuhan memberikan akal dan pikiran kepada manusia untuk mampu mengolah dan memelihara segala kekayaan alam dan isi di bumi ini. Selain itu, Tuhan juga menanugerahkan cinta  kasih kepada manusia.Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaanafeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.  Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan sayang kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.Cinta dan kasih bukanlah hal yang sama, cinta lebih mengandung  pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan cara untuk mengungkapkan cinta tersebut.

Adapun jenis-jenis Cinta kasih antara lain :
1.       Cinta eros : adalah cinta yang menggila, mencintai karena hasrat yang amat sangat dalam untuk memiliki seseorang,,, cinta eros tak kenal logika,,, cinta ini akan memberikan rasa sakit yang amat sangat bila tidak tercapai,,, banyak orang yang bunuh diri karena cinta jenis ini…

2.       Cinta Fhilia : cinta yang tulus kepada siapa saja,,, di sebut juga cinta sahabat, iklas memberi kepada siapa saja tanpa pandang bulu,, seperti kepada teman, sahabat, ortu, ataupun anak2 jalanan dan fakir miskin

3.       Cinta agape : cinta tingkat tertinggi,, bersedia berkorban dan menderita untuk orang yang di cintai,,, bahkan rela tetap mencintai seseorang itu walaupun sebenarnya orang itu sudah tak pantas lagi untuk di cintai,,, ini adalah cinta yang penuh pengertian, kasih sayang, kesetiaan, dan kesucian,,, cinta ini adalah gambaran dari cinta Allah kepada Manusia.
4.       Cinta storge : cinta dinmana perasaan yang ada kurang berkobar-kobar tetapi memiliki afeksi yang dalam, memiliki komitmen yang kuat terhadap hubungan tersebut serta lebih kepada hubungan sebagai sahabat yang membutuhkan kepercayaan satu sama lain sepanjang waktu untuk membangunnya.
Pengunaan perkataan cinta dalam masyarakat Indonesia dan Malaysia lebih dipengaruhi perkataan love dalam bahasa Inggris. Love digunakan dalam semua amalan dan arti untuk eros, philia, agape dan storge. Namun demikian perkataan-perkataan yang lebih sesuai masih ditemui dalam bahasa serantau dan dijelaskan seperti berikut:
  1. Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu, eros
  2. Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, philia
  3. Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, agape
  4. Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme, storge
Cinta juga selalu menyatakan unsur  – unsur dasar tertentu yaitu:
  1. Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya.
  2. Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar bedasarkan atas suka rela.
  3. Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain, agar mau membuka dirinya.
  4. Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.
Cinta antar pribadi menunjuk kepada cinta antara manusia. Bentuk ini lebih dari sekedar rasa kesukaan terhadap orang lain. Cinta antar pribadi bisa mencakup hubungan kekasih, hubungan orangtua dengan anak, dan juga persahabatan yang sangat erat.
Beberapa unsur yang sering ada dalam cinta antar pribadi:
  • Afeksi: menghargai orang lain.
  • Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain (yang tentunya sangat jarang kita temui sekarang ini).
  • Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan (bukan saling memanfaatkan).
  • Commitment: keinginan untuk mengabadikan cinta, tekad yang kuat dalam suatu hubungan.
  • Keintiman emosional: berbagi emosi dan rasa.
  • Kinship: ikatan keluarga.
  • Passion: Hasrat dan atau nafsu seksual yang cenderung menggebu-gebu.
  • Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain secara fisik, termasuk di dalamnya hubungan seksual.
  • Self-interest: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi, cenderung egois dan ada keinginan untuk memanfaatkan pasangan.
  • Service: keinginan untuk membantu dan atau melayani.
  • Homoseks: Cinta dan atau hasrat seksual pada orang yang berjenis kelamin sama, khususnya bagi pria. Bagi wanita biasa disebut Lesbian (lesbi).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s